Perkembangan teknologi informasi dan internet ini sangat pesat sehingga, bukan hanya mempengaruhi produk elektronik saja, melainkan juga dalam dunia pendidikan terutama dalam metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran online yang saat ini sedang berkembang dan mulai digunakan adalah google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan mahasiswa, cita-cita dan asprisai, semangat belajar mahasiswa, kondisi lingkungan mahasiswa dengan motivasi belajar dengan google classroom. Menggunakan desain Analitik observasional dengan menggunakan pendekatan crossectional. Sebanyak 75 sampel pada penelitiaan ini didapat dari teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan mahasiswa, cita-cita dan asprisai, semangat belajar mahasiswa, kondisi lingkungan mahasiswa dengan motivasi belajar dengan google classroom di peroleh nilai p = 0,000< 0.05. p =0,000< 0,05. p = 0,000< 0,05. p = 0,001< 0,05. Maka dari itu, institusi pendidikan dapat memberikan arahan dan bimbingan tentang pembelajaran berbasis online khususnya mahasiswa yang jarak tempuh jauh dari kampus.
Copyrights © 2020