Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi turunan parsial. Soal cerita turunan parsial merupakan soal aplikasi dalam berbagai bidang yang dapat diselesaikan dengan prosedur turunan parsial. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Undana dengan subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III angkatan 2017 sebanyak 37 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri serta soal tes turunan parsial dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualtiatif yang terdiri dari dua jenis yakni analisis data tes tertulis menggunakan tahapan Newman dan analisis data wawancara menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menununjukkan sebagain besar subjek melakukan kesalahan transformasi soal yakni kesalahan dalam membuat model matematis, menentukan rumus, dan mengetahui operasi hitung yang digunakan. Kondisi ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dan kemampuan dasar dalam mengaitkan berbagai konsep untuk memudahkan operasi matematika untuk menyelesaikan soal.
Copyrights © 2020