Jurnal Abdidas
Vol. 1 No. 3 (2020): Vol 1 No 3 July Pages 88-182

Pengembangan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar

Eko Rujito Dwi Atmojo (Universitas Negeri Yogyakarta, DIY, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2020

Abstract

Menulis secara umum dianggap sebagai keterampilan yang paling sulit dikuasai, tidak hanya oleh siswa sekolah dasar dan menengah, namun juga oleh para mahasiswa dan orang dewasa pada umumnya. Terdapat banyak sekali faktor yang terlibat dalam upaya membangun dan mengembangkan kemampuan menulis siswa. Makalah ini adalah paparan deskriptif dari temuan dalam program pelatihan menulis cerita fiksi bagi siswa-siswa sekolah dasar. Program pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar menulis cerita fiksi dan sekaligus mendampingi siswa dalam menghasilkan tulisan fiksi dalam bentuk cerita pendek. Pelatihan ini menggabungkan aspek teori dan praktek dengan proporsi lebih besar diberikan kepada aspek praktek menulis. Di akhir pelatihan, semua peserta pelatihan yang terdiri dari cerita rekaan seperti tokoh, latar, alur dan tema yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan cerita rekaan. Hal ini membuktikan bahwa siswa sekolah dasar, dan anak-anak pada umumnya, memiliki kemampuan untuk menciptakan dunia rekaan dan mengekspresikannya dalam bentuk tulisan jika mereka diberi kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan imajinasi dan aspirasi mereka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...