Jurnal Abdidas
Vol. 1 No. 4 (2020): Vol 1 No 4 August Pages 183-305

Pendidikan Dini Sadar Virus Bullying Di Sekolah Atau Madrasah

Azam Syukur Rahmatullah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia)
Muhammad Azhar (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2020

Abstract

Kasus bullying merupakan kasus yang sifatnya membahayakan dan bisa menjadikan siswa yang mengalaminya menjadi trauma. Kasus bullying sendiri marak terjadi di dunia pendidikan, salah satunya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun Madrasah Tsanawiyah (MTS). Oleh karenanya pencegahan dini harus dilakukan, salah satunya dengan memberlakukan pendidikan dini sadar virus bullying, sebagai bentuk pencegahan dan peminimalisiran perilaku bullying. Dalam hal ini peneliti melakukan pengabdian masyarakat berupa pelaksanaan pendidikan dini sadar virus bullying di MTS Plus Nururrohmah Kebumen. Ada beberapa sebab mengapa dilaksanakan di madrasah tersebut karena belum digalakkannya gerakan anti virus bullying, serta tidak pernah adanya sosialisasi bebas bullying. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelatihan. Sedangkan sasaran dari pengabdian masyarakat adalah para guru yang berjumlah kurang lebih 30 orang dan juga para siswa kelas VII hingga kelas IX MTS Plus Nururrohmah yang berjumlah sekitar 600 siswa. Hasil dari pengabdian masyararat yang diberlakukan di MTs Plus Nururrohmah adalah pertama, mensosialiasikan sadar virus bullying kepada para guru/asatidz. Kedua, memberi penyadaran dan pemahaman tentang virus bullying kepada siswa MTs Plus Nururrohmah Kebumen. Ketiga, membentuk FGD (Focus Group Discussion) kepada siswa-siswi terkait virus bullying. Keempat, mengadakan gerakan anti bullying di area Madrasah. Kelima, membuat slogan-slogan anti bullying untuk siswa-siswi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...