Jurnal Abdidas
Vol. 1 No. 5 (2020): Vol 1 No 5 October Pages 306-486

Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Daring saat Pandemi COVID 19 di SMPIT Insan Rabbani

Diah Aryani (Universitas Esa Unggul, DKI Jakarta, Indonesia)
Malabay Malabay (Universitas Esa Unggul, DKI Jakarta, Indonesia)
Hani Dewi Ariessanti (Universitas Esa Unggul, DKI Jakarta, Indonesia)
Syahrizal Dwi Putra (Universitas Esa Unggul, DKI Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2020

Abstract

SMPIT Insan Rabbani juga berperan serta untuk menjaga keberlangsungan pembelajaran tetap berjalan dengan baik selama masa pandemi mengikuti Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Melalui kegiatan abdimas ini bertujuan untuk sharing knowledge terkait metode pembelajaran online yang saat ini sangat dibutuhkan pada masa pandemi dengan pemanfaatan media pembelajaran online sebagai pendukung peningkatan pelayanan pendidikan kepada guru memiliki kemampuan dalam pemanfaatan aplikasi Google Classroom. Semetara metode yang digunakan metode training secara praktis melalui transfer ilmu melalui pelatihan dan simulasi pelatihan aplikasi Google Classroom yang dilakukan secara virtual melalui Google Meets dan Zoom diharapkan tercapainya kemampuan yang merata dalam pemahaman dan penguasaan aplikasi Google Classroom sebagai pendukung pembelajaran online guna meningkatkan dan menambah pengetahuan dan kemampuan para guru dalam pemanfataan aplikasi Google Classroom sehingga kegiatan pembelajaran online dapat berjalan efektif dengan kemudahan bagi para guru untuk dapat membuat kelas virtual yang meliputi pemberian materi, kuis, tugas dan forum diskusi dengan para siswa tanpa harus melakukan penginstalan aplikasi terlebih dahulu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...