Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia

PROFIL INTERAKSI SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN PARTIKEL MATERI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODEL

Jamiel, Siti Nuur Asiyah ( Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Gumilar, Gun Gun ( Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Supriyanti, F.M. Titin ( Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2013

Abstract

Pada pembelajaran Kimia, penggunaan model biasanya bertujuan untuk mengkonkretkan konsep-konsep yang bersifat abstrak. Sejalan dengan hal tersebut, dalam konteks pembelajaran, interaksi siswa dapat juga difasilitasi melalui penggunaan model sebagai media pembelajaran. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai profil interaksi siswa SMP pada pembelajaran partikel materi dengan menggunakan media model. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas 39 siswa kelas VII di salah satu SMP swasta di kota Bandung, yang terbagi ke dalam enam kelompok diskusi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi siswa dengan sumber belajar termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan nilai sebesar 93,78%, interaksi siswa dalam kelompok dan interaksi siswa dengan guru termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai berturut-turut sebesar 79,17% dan 78,90%, sedangkan interaksi siswa antar kelompok termasuk ke dalam kategori cukup dengan nilai 51,32%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa pembelajaran partikel materi dengan menggunakan media model dapat mengembangkan interaksi siswa SMP. Kata Kunci: Interaksi Siswa, Model, Partikel Materi, SMP. 

Copyrights © 2013