Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 4, No 1: Januari 2021

ADAPTASI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI BENTUK UPAYA MITIGASI SELAMA PANDEMI COVID-19

Elvina Mukti Satiti (Unknown)
Anggi Nuryanti (Unknown)
Indah Prasetyowati (Unknown)
Muhammad Zakki A (Unknown)
Fibula Risnanti (Unknown)
Eka Wahyu Lestari (Unknown)
Siti Hadiyati Nur Hafida (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

 Di masa pandemi covid-19, pembelajaran berbasis kelas tidak lagi dilakukan dan berubah menjadi pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola adaptasi terhadap kesiapan pembelajaran online di Sekolah Dasar (SD). Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dan didapatkan 40 siswa SD di Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji t. Melalui perhitungan uji t-test yang telah dilakukan tersebut maka diketahui nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan siswa dalam proses adaptasi pembelajaran online. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa masing-masing siswa memiliki perbedaan kesiapan dan adaptasi selama pembelajaran online. Hal tersebut ditunjukkan dengan presentase adaptasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan presentase kesiapan, sehingga siswa SD di Kabupaten Sragen lebih membutuhkan kesiapan selama pembelajaran online berlangsung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...