Penggunaan perangkat teknologi dalam pembelajaran bukan menjadi suatu kemewahan melainkan sudah menjadi kebutuhan utama dalam pembelajaran. Dalam mengajarkan mata pelajaran bimbingan TIK, maka seorang guru dituntut harus mampu mempresentasikan isi materi pembelajaran kedalam suatu media pembelajaran interaktif yang inovatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi powntoon yang dapat digunakan guru dalam mempresentasikan materi ajar dalam proses pembelajaran secara tatap muka maupun daring (online). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4-D. Model 4-D ini memiliki 4 tahap utama yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa sebagai subjek uji coba, 2 oarah ahli media dan 2 orang ahli materi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan media dalam pembelajaran. Hasil pengembangan media ini sebagai berikut; (1) Validitas media dinyatakan sangat valid pada syarat didaktik, konstruk dan teknis dengan rata-rata nilai dikategorikan sangat valid (2) Praktikalitas media berdasarkan respon dosen setelah melalui uji coba dinyatakan sangat praktis, sedangkan pada praktikalitas berdasarkan respon mahasiswa setelah melalui uji coba dinyatakan sangat praktis (3) Efektivitas media efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat baik dari hasil belajar sebelum dengan setelah menggunakan media ini. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Bimbingan TIK.
Copyrights © 2021