Buku pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Belum tersedianya buku pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Oleh karena itu guru harus mampu mengembangkan buku pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu buku pembelajaran yang mendukung tujuan tersebut adalah menggunakan berbasis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku siswa Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis masalah untuk siswa Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang valid, praktis, efektif untuk materi alat-alat optik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dessiminate). Tahap define dilakukan analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis siswa. Tahap design dilakukan perancangan terhadap buku pembelajaran. Tahap development dilakukan uji validitas melalui lembar validasi buku pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar observasi, angket respon guru dan siswa, uji efektivitas diperoleh dari penilaian hasil belajar. Tahap dessiminate dilakukan penyebaran buku          Berdasarkan analisis validasi buku didapatkan buku yang telah dikembangkan berada pada kategori valid. Buku siswa mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika berbasis masalah termasuk kategori valid ditinjau dari aspek didaktik, konstruk dan teknis. Buku siswa mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika berbasis masalah termasuk kategori praktis ditinjau dari aspek penggunaan, penyajian, dan waktu. Buku siswa mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika berbasis masalah termasuk kategori sangat efektif ditinjau dari aspek motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan Buku Siswa Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis masalah yang valid, praktis dan sangat efektif.
Copyrights © 2021