Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 18, No 2 (2013): Jurnal Pengajaran MIPA

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER

Marwiyah, Wiwi ( SMPN 2 Padalarang)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2014

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur jaringan tanaman dan fungsi dalam mata pelajaran IPA di kelas VIII-B Semester Genap Tahun Akademik 2011-2012 dari SMP Negeri 2 Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi pemahaman konsep, respon siswa, kegiatan siswa, dan aktivitas guru. Analisis utama dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep. Batas indikator keberhasilannya dibuat cukup tinggi, yaitu, jika nilai rata-rata kelas ≥ 75 dengan tingkat penguasaan 75%. Pada siklus 1, pemahaman konsep rata-rata 72,71 dengan tingkat penguasaan 65,21%. Dalam siklus 2, pemahaman konsep rata-rata adalah 82,09 dengan 82,60% penguasaan. Kesimpulannya adalah penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur jaringan tanaman dan fungsi dalam mata pelajaran IPA mereka. Rekomendasi untuk diajukan adalah bahwa guru harus berjuang demi membuat siswa memahami konsep yang diajarkan.Kata Kunci: media pembelajaran berbasis komputer, pemahaman konsep

Copyrights © 2013