BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan
Vol 8, No 2 (2020): JURNAL BIOTIK

VALIDITAS INSTRUMEN TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) TENTANG MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA

Mayang Anazalia (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang)
Rahmawati Darussyamsu (Universitas Negeri Padang)
Lufri Lufri (Universitas Negeri Padang)
Syamsurizal Syamsurizal (Universitas Negeri Padang)
Yusni Atifah (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2021

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan yang mencakup tiga aspek yaitu analisis, evaluasi dan penciptaan sesuai dengan implementasi kurikulum 2013. Berdasarkan pengamatan pra-penelitian yang dilakukan di SMAN 2 Koto XI Tarusan diperoleh bahwa instrumen yang digunakan oleh guru masih pada level kognitif C1-C3 dengan persentase C1 56%, C2 40%, dan C3 4%, sedangkan untuk tuntutan kemampuan berpikir level Siswa yang lebih tinggi harus mampu berpikir pada level kognitif C4-C6. Penelitian ini bertujuan untuk  menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem pencernaan  dengan menggunakan model 4D  models. Subjek penelitian dua orang dosen biologi FMIPA UNP sebagai validator dengan rata-rata hasil validasi instrumen penilaian sebesar 78,82% dengan kriteria cukup valid. Ini menunjukkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem pencernaan cukup valid dikembangkan dari segi materi, konstruksi, bahasa serta tingkat kognitif instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik tentang materi sistem pencernaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

biotik

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, in addition to critical examinations of biology ...