Pro Bisnis
Vol 13, No 2: Agustus 2020

Pergeseran Fokus Usaha Sebagai Strategi Baru UMKM Dalam Menghadapi New Normal

Intan Shaferi (Universitas Jenderal Soedirman)
Muliasari Pinilih (Univeristas Amikom Purwokerto)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2020

Abstract

Kondisi ekonomi global mengalami perubahan sejak adanya COVID-19 sehingga berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan sektor UMKM. Dampak yang diakibatkan pun cukup signifikan. Kebijakan yang berlaku cukup kompleks dengan mempertimbangkan masalah kesehatan dan ekonomi dalam kondisi COVID-19 ini. Maka sangat diperlukan kerjasama dan kemandirian dari masyarakat. Pelaku usaha melakukan strategi baru guna keberlangsungan bisnisnya. Pergeseran fokus usaha yang berfokus pada permintaan pelanggan dapat menjadikan UMKM sebagai bentuk usaha sederhana yang mandiri. Penelitian ini membahas pergeseran pada permintaan pelanggan, pergeseran fokus usaha menjadi strategi baru yang dapat diimplementasikan pada UMKM untuk mengatasi kondisi yang terpuruk dan perlu menghadapi new era. Penelitian menggunakan telaah pustaka. Sumber data sekunder digunakan untuk mendukung fenomena yang terjadi akibat COVID-19. Kontribusi penelitian ini yaitu memberikan arahan baru mengenai strategi baru yang mudah dan murah untuk dapat diimplementasikan pada UMKM yang sedang berusaha bangkit di new era.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PROBISNIS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Probisnis adalah jurnal ilmiah terbitan berkala yang memuat artikel bisnis dan ...