Model evaluasi yang dapat digunakan secara akurat untuk mengevaluasi mutu belajar dan karakter siswa pada SMK TI dan mampu memberikan rekomendasi yang tepat dengan menunjukkan aspek-aspek prioritas yang perlu disempurnakan, merupakan suatu inovasi baru yang menjadi kebutuhan dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0 saat ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk mengetahui bentuk rancangan dari model evaluasi pendidikan yang menggabungkan model Stake, konsep ANEKA, konsep Tri Hita Karana dan metode SAW (Simple Additive Weighting) sebagai terobosan untuk menjawab kebutuhan dunia pendidikan terkait inovasi baru dalam pengembangan model evaluasi pendidikan. Metode yang digunakan dalam mengembangkan model evaluasi ini adalah metode Research & Development (R&D) dengan desain Borg and Gall. Subjek yang dilibatkan pada uji coba rancangan dan simulasi perhitungan SAW dalam penelitian ini sebanyak dua pakar pendidikan dan dua pakar informatika. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner dan foto dokumentasi. Teknik deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengenalisis data yang terkumpul dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase efektivitas rancangan model evaluasi sebesar 89% sehingga dapat dikategorikan baik dan tidak perlu dilakukan revisi major jika ditinjau dari pengkonversian tingkat pencapaian efektivitas dengan skala lima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020