COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 4 No 2 (2017): COMPTON: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY ( TSTS ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sigit Prayitno (Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Yuli Prihatni (Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan pengaruh prestasi belajar fisika yang diajar dengan metode eksperimen dan tanpa metode eksperimen. Jumlah populasi dalam penelitian ini 62 siswa. Sampel diambil secara random sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas control. Kemampuan awal berasal dari nilai tes prestasi belajar fisika sebelum diberi perlakuan khusus. Data prestasi belajar dengan soal tes pilihan ganda. Teknis analisis data dengan uji- t setelah dilakukan uji persyaratan analisis, yang meliputi uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kecenderungan dan perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar fisika yang diajar dengan metode eksperimen dan tanpa metode eksperimen. Karena uji- t ( thitung= 2,712 > ttabel 5% = 2,000), hal ini berarti secara komparatif terdapat pengaruh yang sangat signifikan prestasi belajar fisika pokok bahasan pesawat sederhana antara yang diajar dengan metode eksperimen dan tanpa metode eksperimen.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...