AbstrakTujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan nilai karakter kemandirian pada peserta didik dalam pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi. Metode penelitian ini dengan menggunkan penelitian deskriptif kuantitatif. Cara pengumpulan data menggunakan Instrumen berupa Angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 11 Muaro Jambi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistika deskriptif. hasil penelitian yang telah dilakukan Siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi berada pada kategori yang memliki karakter kemandirian yang baik. Secara ilmiah dapat kita lihat dari data yang diperoleh pada pada kategori sangat sering memiliki hasil yang lebih dominan dibandingkan dengan indikator yang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi memiliki tingkat penanaman karakter kemandirian yang sangat baik dengan rentang 37,50%.AbstrakTujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan nilai karakter kemandirian pada peserta didik dalam pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi. Metode penelitian ini dengan menggunkan penelitian deskriptif kuantitatif. Cara pengumpulan data menggunakan Instrumen berupa Angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 11 Muaro Jambi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistika deskriptif. hasil penelitian yang telah dilakukan Siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi berada pada kategori yang memliki karakter kemandirian yang baik. Secara ilmiah dapat kita lihat dari data yang diperoleh pada pada kategori sangat sering memiliki hasil yang lebih dominan dibandingkan dengan indikator yang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa kelas X IPA SMAN 11 Muaro Jambi memiliki tingkat penanaman karakter kemandirian yang sangat baik dengan rentang 37,50%.
Copyrights © 2019