COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 3 No 1 (2016)

HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU, KEAKTIFAN SISWA DAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

Apri Ardianto (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru, keaktifan siswa, dan bimbingan belajar di luar sekolah dengan prestasi belajar fisika baik secara bersama- sama maupun secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif yang bersifat expost facto. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya mengajar guru, keaktifan siswa, dan bimbingan belajar di luar sekolah dengan prestasi belajar fisika. Nilai koefisien determinasi  = 0.430. Sumbangan efektif ketiga predictor sebesar 43,011%. Berasal dari gaya mengajar guru 16,128%, keaktifan siswa 6,440% dan bimbingan belajar di luar sekolah 20,442 %.   

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...