COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 1 No 2 (2014)

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN BUNYI

Muh Yahya (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Yuli Prihatni (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII yang diajar dengan alat peraga dan tanpa menggunakan alat peraga. Sampel diambil dari seluruh populasi yang ada. Kemampuan awal dari nilai UTS data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Tehnik analisis data dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kecenderungan dan perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar fisika yang diajar dengan menggunakan alat peraga dan diajar tanpa menggunakan alat peraga (uji t dengan signifikasi 0,001 < 0,01) hal ini berarti ada pengaruh pembelajaran penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar fisika.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...