COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2 No 1 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HOREY TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS

Nurul Hilalliyah (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Hidayati Hidayati (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Yuli Prihatni (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 460 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling, yaitu kelas X Tekstil B sebagai kelas eksperimen dan kelas X Tekstil A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika yang sangat signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey dengan model pembelajaran konvensional (uji t dengan signifikansi 0,006 < 0,01). Hal ini berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey terhadap prestasi belajar fisika siswa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...