COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 3 No 1 (2016)

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK, VERBAL DAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

Agus Umaeza (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan numerik, kemampuan verbal dan kemampuan menyelesaikan soal cerita fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI semester genap SMA dan MA se-Kecamatan Pleret tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 133 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah Claster random sampling dengan jumlah sampel menurut rumus slovin adalah sebanyak 75 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes untuk semua variabel. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 untuk semua variabel. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan menyelesaikan soal cerita fisika dengan prestasi belajar fisika secara mandiri. Nilai determinasi pada penelitian ini adalah R2 = 0,333 dengan p = 0,00. Sumbangan efektif ketiga prediktor sebesar 33,311% yang terdiri dari kemampuan numerik 14,202%, kemampuan verbal 11,435%, dan kemampuan menyelesaikan soal cerita fisika 7,676%. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...