COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2 No 2 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN GERAK LURUS

Donald Christian (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Veator Renyaan (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif  bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika pokok bahasan gerak lurus yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan konvensional. Secara komparatif untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas sejumlah 130 siswa.  Sampel diambil dengan teknik Cluster Sampling. Kemampuan awal diperoleh dari nilai pre-test. Data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis data diuji dengan menggunakan statistik uji-t dan diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar fisika yaitu pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 17,588 sedangkan pada kelas control hanya sebesar 13,441, dengan nilai p = 0,003. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar fisika.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...