Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika pokok bahasan gerak lurus yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan konvensional. Secara komparatif untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas sejumlah 130 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Sampling. Kemampuan awal diperoleh dari nilai pre-test. Data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis data diuji dengan menggunakan statistik uji-t dan diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar fisika yaitu pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 17,588 sedangkan pada kelas control hanya sebesar 13,441, dengan nilai p = 0,003. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar fisika.
Copyrights © 2015