COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 1 No 1 (2014)

PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK DAN MEDIA CETAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA KELAS X SEMESTER GASAL

Maria Dionisia Soi Lewokume (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Veator Renyaan (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif dan komparatif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan prestasi belajar fisika pokok bahasan gerak lurus siswa kelas X semester I SAM Taman Madya Ibu Parwiyatan Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013 dengan media elktronik dan cetak. Sampel diambil dari seluruh populasi yang ada. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Validitas butir soal diuji dengan korelasi product moment. Reliabilitas instrument diuji dengan rumus KR-20. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian secara deksriptif menunjukkan dengan media elektronik pada kategori tinggi, sedangkan dengan media cetak pada kategori sedang. Secara komparatif ada perbedaan yang siknifikan antara menggunakan media elektronik dengan media cetak

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...