COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 5 No 2 (2018): COMPTON

ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS X SMK TAMAN KARYA JETIS YOGYAKARTA

Siti Nurjanah (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.)
Sunarto Sunarto (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesulitan yang dialami oleh siswa dalam memecahkan masalah bisnis dan energi. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam melakukan masalah bisnis dan energi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Jetis Karya Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Jetis Karya Yogyakarta dengan total 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes esai. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes urian. Untuk pertanyaan tes yang diuji dalam penelitian ini, meliputi: uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase kesulitan menggunakan konsep 20,61%, penggunaan prinsip 30,30%, pengungkapan informasi sebesar 20,00%, dan kesulitan penghitungan adalah 29,00%. Dari keempat jenis kesulitan tersebut, kesulitan yang dominan adalah kesulitan dalam menggunakan prinsip dengan persentase 30,30%. Hal ini dapat terjadi karena siswa tidak memahami konsep dan prinsip bisnis dan energi, sehingga kesulitan siswa dihadapkan pada pertanyaan dengan jenis pengembangan yang merupakan pemecahan masalah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...