Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan

Respon Siswa Terhadap Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Animasi Pada Pembelajaran IPS

Sugiantoro Sugiantoro (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Suhartono Suhartono (Institut Agama Islam AL Khoziny)
Niswatin Niswatin (IKIP Widya Darma)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2019

Abstract

Proses interaksi yang terjadi antara peserta didik dan guru serta sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakuakn secara sadar dan direncanakan untuk saling bertukar informasi. Guru memiliki peran sebagai penjembatan dalam tranfer pengetahuan. Namun untuk menunjang kegiatan pembelajaran maka guru perlu melakukan strategi pembelajaran agar siswa mampu memahami isi materi yang disampaikan. Oleh sebab itu strategi untuk mencapai itu semua diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam memilih atau mendesain pembelajaran agar semua peserta didik menjadi aktif dan mudah memahami. Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi digunakan agar siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Problem Based Learning dan bermedia animasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 8 Sidoarjo. Jumlah responden sebanyak 30 peserta didik dimana responden merupakan populasi sekaligus sampel penelitian. Informasi tentang respon siswa diperoleh dengan menggunakan angket respon siswa terhadap kegiatan belajar mengajar menggunakan model problem based leraning dan bermedia animasi. Angket diberikan setelah siswa selesai mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil dari angket respon siswa terhadap lembar kegiatan siswa, materi ajar, suasana kelas dan cara guru mengajar dengan model Problem Based Learning dan bermedia animasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menyukai kegiatan pembelajaran medel problem based learning. Dari hasil analisis diatas menunjukkan bahwa rata-rata respon siswa berkategori positif dengan skor 80% respon sswa terhadap pembelajaran dan respon Siswa Terhadap Buku Siswa Dan LKS dengan problem based learning dan bermedia animasi memiliki respon cukup tinggi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnas2019

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Ruang Lingkup prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan meliputi bidang Pendidikan Sosial dan Budaya, Pendidikan Kesehatan, Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan, Pendidikan Mitigasi Bencana, Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal, Pendidikan Literasi, Bahasa, Sastra dan Seni, ...