ABSTRAK Kondisi pandemi dapat membuat individu merasa tertekan dan khawatir, khususnya pada siswa sekolah dasar. Respon umum dari orang yang terdampak pandemi dapat berlangsung secara langsung atau tidak langsung. Dampak yang ditimbulkan adalah antara lain ketidakstabilan emosi, reaksi stres, kecemasan, trauma dan gejala psikologis lainnya. Efek psikologis ini memiliki dampak besar pada individu dan juga pada komunitas. Belajar di disekolah yang beralih dengan pembelajaran secara daring (online), juga dapat memberikan dampak pada aspek psikologis anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui Reaksi Psikologis Anak Belajar Daring (Online) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Sumberejo 1 Purwosari Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Responden penelitian adalah siswa di SDN Sumberejo 1 Purwosari Pasuruan, didapatkan sampel sebanyak 47 responden dengan teknik pengambilan total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). Hasil analisis secara univariat dan disajikan secara distribusi frekuensi. Hasil Menunjukkan bahwa hampir semua siswa SDN 1 Sumberejo 1 purwosari pasuruan memiliki kekuatan dan kesulitan yang normal di 3 indikator yaitu masalah tingkah laku, masalah teman sebaya dan kemampuan prososial. Perlu adanya kerjasama yang baik antara orang tua dan guru agar reaksi psikologis anak dapat normal seperti saat belajar di SDN Sumberejo 1 Purwosari Pasuruan.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021