Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik
Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Publica Vol 11 No 2

ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KABUPATEN KOLAKA

Syahrul Sultan (Unknown)
Abdul Kadir (Unknown)
Jopang Jopang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis  pengembangan sumber daya manusia pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling sebanyak 11 orang, terdiri dari Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, 3 orang Kepala Bidang, 2 orang Kepala Seksi, 2 orang Bidan, 2 orang perawat/sanitarian  Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara dan studi dokumen yang selanjutnya dianalisis dengan  teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Pengembangan sumber daya manusia pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka yang dilakukan melalui pengembangan pengetahuan, pengembangan sikap, pengembangan keterampilan, dan pengembangan bakat sudah terlaksana dengan baik, walaupun perlu optimasi secara kongkret dalam bentuk program yang tertuang dalam Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka. Pengembangan ketahanan pegawai belum terlaksana dengan baik, sehingga diperlukan upaya untuk peningkatan pengembangan ketahanan untuk mengendalikan setiap persoalan yang berimplikasi positif dan bermanfaat bagi produktivitas kinerja serta memperluas kendali dan motivasi pegawai. Kata Kunci : Pengembangan, Sumber Daya Manusia, Pegawai Kesehatan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

publika

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Publica memuat berbagai karya tulis ilmiah dari hasil penelitian dan kajian literatur para mahasiswa, dosen, peneliti dan pemerhati pada masalah-masalah yang berkaitan dengan Kebijakan Publik, Organisasi dan Manajemen, Administrasi Kepegawaian, Administrasi Keuangan, Komunikasi dan ...