Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa ketika mereka membuat Video TikTok sebagai proyek pada Pembelajran Berbasis Proyek materi gugus fungsi senyawa karbon. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena pada masa. Mereka mudah bosen dan lelah dengan pembelajaran online yang berlangsung lama dan tidak ada inovasi dari guru. Pemilihan TikTok dalam pembelajaran adalah ide yang baik karena tidak ada siswa yang tidak tahu TikTok dan sangat terkenal sekarang tetapi hal ini baru sebatas untuk media hiburan saja. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket respon siswa, tes evaluasi, dan penilaian produk. Hasilnya didapatkan bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran mencapai 82,6% dan 90,9%. Jumlah siswa yang tuntas pada tes evaluasi adalah 69,4% pada siklus 1 dan 80,5% pada siklus 2 sedangkan ketuntasan klasikal mengakami peningkatan dari 75,19 mejadi 78,61. Untuk penilaian produk Video TikTok mendapat rata-rata 82,39% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 94,78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat dilakukan oleh guru pada semua mata pelajaran karena terbukti dalam meningkatkan motivasi belajar siiswa serta prestasi belajar
Copyrights © 2021