Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (3) Apakah model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN2 Percut Sei Tuan dan sampel diambil menggunakan metode random sampling dengan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Angket motivasi belajar siswa, dan (2) tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (3) Model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2019