Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2017): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PORTOFOLIO KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS XI IPA SMA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DI KABUPATEN GAYO LUES

Abdul Razak Hasbi (SMA di Kabupaten Gayo Lues, Aceh)
Dian Armanto (FMIPA Universitas Negeri Medan)
Asmin Asmin (FMIPA Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen portofolio kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa pada pokok bahasan peluang dengan menggunakan model Dick dan Carey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) instrumen portofolio kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu memenuhi persyaratan validitas; (2) penerapan instrumen portofolio kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu efektif yang ditandai dengan tercapainya tujuan penerapan instrumen portofolio, kemampuan guru mengelola pembelajaran yang baik dan respon positif siswa; (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA SMA di Kabupaten Gayo Lues yang dinilai dengan menggunakan instrumen portofolio yang dikembangkan dibandingkan dengan penilaian konvensional dengan perbedaan skor rata-rata 3,221 dengan t hitung 4,244 dan signifikansi 0,000; dan (4) terdapat perbedaan rasa ingin tahu siswa kelas XI IPA SMA di Kabupaten Gayo Lues yang dinilai dengan menggunakan instrumen portofolio yang dikembangkan dibandingkan dengan penilaian konvensional dengan perbedaan skor rata-rata 2,203 dengan t hitung 2,637 dan signifikansi 0,012

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...