Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2018): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL THIAGARAJAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI MTS PESANTREN DAAR AL ULUUM KISARAN

Muthia Dewi (Program Studi Pendidikan Matematika PPs Universitas Negeri Medan)
Edi Syahputra (Program Studi Pendidikan Matematika PPs Universitas Negeri Medan)
Asmin Asmin (Program Studi Pendidikan Matematika PPs Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul beserta perangkat pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik yang  valid, praktis dan efektif dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model pengembangan perangkat menurut Thiagarajan, tanpa tahap penyebaran. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VII-E MTs Pesantren Daar Al Uluum Kisaran semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul beserta perangkat pembelajaran tergolong  kriteria baik karena telah teruji validitasnya. Hasil pelaksanaan perangkat pembelajaran  pada tahap implementasi  termasuk kriteria praktis. Efektivitas pengembangan perangkat pembelajaran ini diperoleh dari data hasil belajar siswa yang tuntas belajar    ≥ 85% secara klasikal  dan respon positif siswa berada diatas 80%. Hasil perhitungan uji-t memberikan nilai  signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diberi perangkat pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...