Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala MTs Negeri 1 Lubuklinggau dalam membina budaya Islam moderasi dan hasil pembinaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala MTs Negeri 1 Lubuklinggau terdiri dari peran leader, administrator, supervisor, edukator, manajer, motivator dan inovator. Hasil pembinaan budaya Islam moderasi pada aspek akidah mengadakan ceramah agama, menekankan penerapan pelajaran akidah akhlak. Pada aspek ibadah dengan mendirikan rumah tahfiz dan program tahfiz Al-Qur’an, memasukkan pelajaran tahfiz Qur’an pada pelajaran muatan lokal, menyediakan guru hafiz Qur’an 30 juz, dan memondokkan siswa-siswi selama sebulan menghapal Al-Qur’an secara bergiliran. Pada aspek akhlak lebih banyak kegiatan seni dan olahraga dibandingkan kegiatan keagamaan baik untuk guru dan staf maupun untuk siswa
Copyrights © 2020