JURNAL KEBANGSAAN
Vol 2, No 3 (2013): JURNAL KEBANGSAAN

MENGENAL PRINSIP DAN PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENDUKUNG PENGUNGKAPAN INFORMASI

Iba, Zainuddin ( STIE Kebangsaan Bireuen – Aceh)
Bariah, Chairul ( Universitas Almuslim Bireuen)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2013

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) kini makin popular, dan menjadi prasyarat, karena GCG merupakan salah satu kunci sukses perusahaan untuk dapat terus tumbuh dan dapat menguntungkan dalam jangka panjang, sekaligus memenangkan persaingan bisnis dalam era globalisasi dewasa ini. Khususnya untuk perusahaan yang telah mampu berkembang, penerapan GCG sudah harus diperhitungkan. Terdapat empat komponen utama yang diperlukan dalam konsep Good Corporate Governance ini, yaitu fairness, transparancy, accountability, dan responsibility (Beasly et.al, 1996). Dalam Kepmen Badan Usaha Milik Negara tahun 2002, Corporate Governance disebut suatu proses terstruktur yang digunakan dalam organ BUMN, untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas perusahaan guna mewujudkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang, yang tetap memperhatikan kepentingan stakeholder lainnya, berlandaskan peraturan perundang-undangan dan etika. Semakin tinggi indeks Corporate Governance suatu perusahaan yang menerapkan Good Corporate Governance, maka semakin tinggi pula tingkat pengungkapan informasinya. Jika dianalisis, maka faktor-faktor yang menyebabkan adanya pengaruh pada hal tersebut, dapat di tinjau dari beberapa faktor, antara lain; implementasi Corporate Governance (CG), struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan Profitabilitas. Keywords: Good Corporate Governance, pengungkapan Informasi,

Copyrights © 2013