Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2019): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

Pertiwi Puji Lestari (Universitas Negeri Medan)
Ani Minarni (Universitas Negeri Medan)
Bornok Sinaga (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diberi model pembelajaran TPS dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran TPS dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (3) Untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Asuhan Jaya Medan T.A.2015/2016. Dari seluruh siswa kelas VIII dipilih siswa sebanyak dua kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen -1 diberi perlakuan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas eksperimen-2 diberi perlakuan pembelajaran langsung. Analisis deskriftif ditujukan untuk mendeskripsikan proses penyelesaian jawaban siswa. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANNACOVA). Hasil penelitian menunujukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah yang diberi model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari pembelajaran langsung. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari model pembelajaran langsung. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari model pembelajaran langsung.Kata Kunci: Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Kemampuan Pemecahan Masalah,  Kemampuan Komunikasi Matematis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...