KEMBARA
Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober

CATER FOR PROPER ENGLISH PRONUNCIATION IN THE PRIMARY SCHOOL LEVEL: PUT TO USE ARABIC CONSONANTS

Rosalin Ismayoeng Gusdian, M.A (University of Muhammadiyah Malang)
Riski Lestiono (University of Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana bunyi konsonan Hijaiyah diperkenalkan dalam pengajaran pronunciation di kelas Bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah dua guru Bahasa Inggris dari Sekolah Dasar Islam di Malang; kedua guru tersebut masing-masing mengajar kelas satu dan dua. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian ditranskripsi, ditinjau, dan dieksplorasi dengan cermat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada tiga teknik yang digunakan dalam pembelajaran pronunciation, yaitu drilling, sound imitation, dan tes. Selain itu,  masing-masing teknik diintegrasikan ke dalam kegiatan EYL, melalui: menyanyikan lagu, mendongeng, dan permainan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KEMBARA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KEMBARA diterrbitkan sejak April 2015 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. KEMBARA memuat artikel hasil penelitian bahasa, sastra, dan pengajarannya, yang diterbitkan pada bulan April dan ...