INFOKAM
Vol 9, No 2 (2013): INFOKAM Edisi 2 Tahun 9 2013 (Sept)

PENGARUH PROFESIONALISME, METODE MENGAJAR, DISIPLIN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MODERASI MOTIVASI

Wahjono Wahjono (AMIK JTC)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh profesionalisme guru, metode mengajar, disiplin dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran komputer akuntansi dengan moderasi motivasi. Dengan mengambil sampel siswa SMK kota Semarang secara quota sampling. Metode analisis yang digunakan reabilitas dan validitas untuk kuesioner, uji asumsi klasik dan fit untuk regresi, serta analisa regresi berganda model quasi moderasi untuk uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya disiplin dan media pembelajaran yang berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dengan arah positif untuk disiplin dan arah negatif untuk media pembelajaran. Sedangkan profesionalisme guru berpengaruh negatif tidak signifikan, metode mengajar berpengaruh positif tidak signifikan dan motivasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap prestasi belajar. Adapun uji moderasi menunjukkan bahwa motivasi bukan merupakan variabel moderasi pengaruh metode mengajar dan disiplin terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : Profesionalisme guru, metode mengajar, disiplin, media pembelajaran, motivasi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Teks naskah ditulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Naskah akan ditinjau terlebih dahulu oleh dewan editorial. Teks utama naskah harus diserahkan sebagai dokumen Word (.doc) atau file Rich Text Format (.rtf). Naskah terdiri dari 5000 kata (minimal), diketik dengan baik dalam satu kolom pada ...