JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi
Vol 11, No 2 (2020): Agustus 2020

KREATIVITAS DAN NIAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI THEORY OF PLANNED BEHAVIOR

Kore, Ignasia Christiyani (Unknown)
Prajogo, Wisnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini menguji efek moderasi entrepreneurship education pada hubungan creativity, attitude toward entrepreneurship, subjective norm, perceived behavioral control dan entrepreneurial intention. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat umum dengan umur lebih dari 17 tahun yang pernah dan belum pernah mengikuti entrepreneurship education. Sebanyak 154 tanggapan digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa creativity berpengaruh positif pada attitude toward entrepreneurship, subjective norm dan perceived behavioral control. Selain itu, attitude toward entrepreneurship dan perceived behavioral control berpengaruh positif pada entrepreneurial intention. Akan tetapi, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan antara subjective norm dan entrepreneurial intention. Penemuan lain dalam penelitian ini adalah entrepreneurship education memoderasi secara positif hubungan creativity, attitude toward entrepreneurship, subjective norm, perceived behavioral control dan entrepreneurial intention. Hasil yang menarik dalam penelitian ini adalah didukungnya efek moderasi entrepreneurship education. Hubungan antar variable lebih kuat pada responden yang pernah mengikuti entrepreneurship education dibandingkan dengan responden yang belum pernah mengikuti entrepreneurship education. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa entrepreneurship education mempunyai peranan penting dalam meningkatkan niat seseorang untuk berwirausaha.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bti

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis: Teori dan Implikasi (JBTI) merupakan jurnal ilmiah berkala (setahun dua kali). Tujuan utama jurnal ini adalah untuk mendiseminasi artikel ilmiah dalam bidang bisnis, yang memiliki fondasi teori dan implemetatif. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel yang dipublikasikan harus ...