Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Kepemimpinan Kepala SDIT Muhammadiyah Truko Dimasa Covid-19

Galuh Andi Luxmana (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
10 May 2021

Abstract

ABSTRAKKepala sekolah adalah penanggung jawab atas kesuksesan lembaga pendidikan dalam pembelajaran. Covid 19 adalah wabah yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah menjadi ujung tombak lembaga pendidikan ditengah pendemi covid19. Sehingga kepala sekolah yang dapat berinovasi ditengah pandemilah yang dapat meraih kesuksesan terhadap lembaga yang dipimpinnya. SDIT Muhammadiyah Truko adalah salah satu dari sekian sekolah yang terdampak akibat wabah covid19 ini. Sehingga tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana upaya  yang dilakukan oleh kepala sekolah ditengah pandemic covid19 agar menejemen disekolahnya tetap sehat dan trobosan apa yang diambil kepala sekolah dalam menghadapi wabah covid19 ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dalam rangka mendapatkan informasi yang faktual dari lisan kepala sekolah langsung dan dibantu dengan teknik eksploratif maka didapatkan informasi yang lebih akurat terhadap fakta dilapangan yang telah dilakukan terhadap kepala sekolah. Sehingga diperoleh hasil bahwa kepala sekolah SDIT Muhammadiyah Truko merumuskan program disaat pandemic dengan memperbaharui kurikulum, jam pembelajaran, dan metode pembelajara. Kemudian membuat terobosan pelayanan pembelajaran dengan perubahan format kurikulum, jam pembelajaran yang lebih fleksibel dan metode pembelajaran yang berfariasi. Kata kunci: Kepala sekolah,Pandemi covid19, Kepemimpinan, Metode Penelitian

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...