Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2020)

Gerakan Literasi Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Halimatus Zahroh (Universitas madura)
Hafidah Hafidah (Universitas Madura)
Dhofir Dhofir (Universitas madura)
Moh Zayyadi (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2020

Abstract

Literasi telah menjadi perbincangan hangat dalam dunia internasional dan menjadi harapan besar dunia.Berbagai pihak gencar melakukan penilaian literasi dan berusaha mencari cara untuk meningkatkan literasi di berbagai negara. Begitu juga di Indonesia, pemerintah telah menyadari bahwa untuk menghadapi dunia yang semakin kompleks diperlukan generasi muda yang tanggap dan kritis. Dunia pendidikan matematika pun tidak ingin ketinggalan dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa. PISA (Program for International Student Assessment) adalah penilaian tiga tahunan bagi siswa yang berusia 15 tahun yang mendekati akhir belajarnya di seluruh dunia dengan tujuan untuk menilai pengetahuan dan keterampilan siswa yang meliputi literasi matematika, literasi sains dan literasi membaca sebagai seorang generasi yang dapat bersaing penuh dan ikut berpartisipasi dalam dunia globalisasi dan masyarakat modern, dengan fokus penilaiannya bukan tentang apa yang siswa ketahui, melainkan apa yang bisa mereka lakukan dengan yang  mereka ketahui.Literasi matematika dapat diartikan sebagai kemampuan setiap individu untuk merumuskan, menafsirkan, menalar, menginterpretasikan, mengkomunikasikan, dan menjelaskan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara efektif dan efisien.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

deltapi

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Mathematics

Description

Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas ...