Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar rangkaian listrik AC sebelum diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video pada mahasiswa semester IV Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun, (2) mengetahui hasil belajar rangkaian listrik AC setelah diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video pada mahasiswa semester IV Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun, (3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video pada mata pelajaran rangkaian listrik AC terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa semester IV di Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dengan hasil data dinyatakan layak dan valid. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video secara signifikan dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif mahasiswa.
Copyrights © 2021