JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)
Vol 6, No 1 (2021)

Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Kuliah Rangkaian Listrik AC di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun

Darwanto Darwanto (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar rangkaian listrik AC sebelum diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video pada mahasiswa semester IV Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun, (2) mengetahui hasil belajar rangkaian listrik AC setelah diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video pada mahasiswa semester IV Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun, (3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video pada mata pelajaran rangkaian listrik AC terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa semester IV di Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dengan hasil data dinyatakan layak dan valid. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video secara signifikan dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Focus and scope of the journal: Electronic Engineering Education Media Development and Learning Models of Electronic Engineering Education Evaluation and Assessment of Electronic Engineering Education Electronic Engineering Electromagnetic Field Robotic ...