Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol 6, No 2 (2021): Edisi April

PERAN GENERASI MILENIAL DAN ZOOMER SEBAGAI PEMILIH KUNCI KEMENANGAN JOE BIDEN MELALUI ANALISIS MEDIA

Subekti, Komarudin (Unknown)
Isnaini, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2021

Abstract

Pemilihan presiden Amerika Serikat ke-59 telah berhasil diselenggarakan pada tanggal 3 November 2020 lalu. Pilpres tersebut diikuti oleh Joe Biden dari Partai Demokrat dan Donald Trump, sebagai petahana, dari Partai Republik. Joe Biden memenangi pilpres dengan jumlah suara elektoral sebanyak 306 suara dan memperoleh suara rakyat sebesar 81 juta suara, mencatatkan rekor sebagai jumlah suara tertinggi sepanjang sejarah pemilihan presiden Amerika Serikat. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah studi literatur yang menganalisis hasil dari berbagai pemberitaan media daring. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran pemilih muda, yang terdiri dari generasi milenial dan zoomer, yang menjadi pemilih kunci di dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2020. Hasil dari penelitian menunjukkan jika partisipasi pemilih muda pada pilpres Amerika Serikat membuat jumlah keseluruhan pemilih meningkat dan menjadi kunci kemenangan dari Joe Biden terpilih sebagai presiden Amerika Serikat ke-47.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKASI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu ...