Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA Negeri 03 Bombana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto. Desain penelitian yang digunakan adalah desain to factorial dengan variabel bebas kemandirian belajar dan variabel terikat kemampuan berpikir kreatif matematis. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi dengan pertimbangan calon sampel diajar dengan guru yang sama dan mempunyai karakteristik yang sama. Untuk menjamin keterwakilan dari masing-masing sampel maka dilanjutkan dengan teknik kestratified sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak dari populasi sehingga di bagi-bagi terlebih dahulu menjadi kelompok yang relatif homogen. Dimana dari empat (4) kelas dipilih 50% dari setiap siswa yang ada di kelas tersebut. Data dikumpulkan dengan angket kemandirian belajar dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang kemudian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA Negeri 3 Bombana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kemandirian belajar matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Copyrights © 2020