Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak penerapan full day school dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 2 Konawe Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Konawe Selatan. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak penerapan full day school dalam pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 2 Konawe Selatan, dapat menimbulkan dampak positif yaitu yang paling dominan adalah meningkatnya karakter nilai religius siswa. Sedangkan dampak negatifnya yang paling dominan adalah pada saat belajar jam terakhir, sebagian besar siswa tidak fokus belajar.Terdapat beberapa faktor yang mendukung penerapan full day school yang paling dominan adalah adanya keleluasaan kepala sekolah dan guru dalam bersikap. Sedangkan faktor penghambat yang paling dominan adalah faktor lingkungan yang kurang kondusif. Salah satu upaya untuk mengatasi hambatan penerapan full day school adalah pihak sekolah bekerjasama dengan masyarakat.Kata Kunci: Full day school, pembentukan karakter
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020