Proceeding SENDI_U
2020: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU DAN CALL FOR PAPERS

PENGEMBANGAN GAME KUIS EDUKASI AUDIO VISUAL BAGI ANAK BALITA BERBASIS ANDROID DENGAN METODE FISHER YATES SHUFFLE

Arsyadana, Gagah (Unknown)
Soelistijadi, Raden (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2020

Abstract

Pengembangan game kuis edukasi audio visual untuk anak balita berbasis Android dan metode FisherYates Shuffle bertujuan untuk membantu orang tua dalam pengembangan diri anak balta dari usia 1-5 tahun.Pengembangan diri yang dimaksud yaitu proses belajar mengenal berbagai macam binatang dengan caramenggunakan audio dan visual sehingga diharapkan lebih mudah dalam memahaminya. Dalam aplikasi iniditampilkan berbagai macam binatang dengan berdasarkan pada 2 kategori yaitu : 1) gambar binatang dan 2)suara binatang. Sedangkan metode yang digunakan menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle dengan tujuanmelakukan pengacakan pertanyaan setiap user dalam memulai pembelajaran. Oleh karenanya dengan algoritmatersebut maka tidak hanya sekedar menghapal saja tetapi diharapkan juga dapat mengenali lebih lanjut gambarmaupun suara binatang walaupun ditampilkan secara acak. Selain metode Algoritma Fisher Yates Shuffletersebut maka dalam aplikasi ini untuk pengembangan sistem dengan metode Waterfall dengan arsitekturperancangan menggunakan UML sedangkan aplikasi program perangkat lunak menggunakan aplikasi Unity danbahasa pemrograman C# dan database MySQL.

Copyrights © 2020