Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika
Vol 8, No 2 (2020): VOLUME 8 NOMOR 2 DESEMBER 2020

PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA

Chusnul Ma'rifah (University State of Malang)
Cholis Sa’dijah (Universitas Negeri Malang)
Subanji Subanji (Universitas Negeri Malang)
Toto Nusantara (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi barisan dan deret. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitiatif serta menggunakan metode survey. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik MAN 3 Malang yang terbagi dalam kelompok berkemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Dari masing-masing kelompok, diambil satu subyek untuk dideskripsikan kemampuan komunikasi matematisnya. Hasil menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik dalam representasi penyelesaian masalah soal cerita dan dalam mengomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan soal dengan simbol matematis. Untuk peserta didik berkemampuan komunikasi matematis sedang, cenderung melakukan kesalahan dalam menulis representasi penyelesaian masalah, serta sudah dapat menuliskan hal-hal yang diketahui, ditanya, dan kesimpulan dengan menggunakan simbol matematis secara benar. Adapun untuk peserta didik dengan komunikasi matematis rendah, bawah belum dapat memenuhi keduanya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika (p-ISSN 2238-4387; e-ISSN 2580-3247) is peer-reviewed journal published biannually in June and December. The Journal is published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya ...