Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi penyebab utama kesulitan belajar kimia yang dialami peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 23 orang siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Abuki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket respon siswa berjumlah 30 pernyataan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data untuk menggambarkan faktor internal dan eksternal kesulitan belajar dengan mengihutung seberapa besar persentase hasil angket pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Abuki dan analisis data untuk mengetahui faktor internal dan eksternal kesulitan beljar yaitu dengan mencatat hasil wawancara dan alasan pada angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase angket faktor kesulitan belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Abuki materi larutan penyangga faktor internal 68,7% (Tinggi). Sedangkan faktor eksternal guru 5,22% (Sangat rendah), teman sebaya 32,18% (Rendah), lingkungan keluarga 55,65% (Sedang).
Copyrights © 2020