Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan

KAJIAN BISNIS USAHA BUDIDAYA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI DESA ASINGI KECAMATAN TINANGGEA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Hendrik, - (Unknown)
Ola, La Onu La (Unknown)
Rosmawati, - (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan di Desa Asingi Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan pada bulan Juli sampai Agustus 2018 dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar penerimaan dan keuntungan usaha budidaya udang vaname. Usaha budidaya udang vaname memiliki populasi sebanyak 20 orang dan jumlah sampel penelitian sebanyak  15 orang dengan metode teknik sampel sederhana (simple random sampling). Data diperoleh melalui observasi, wawancara secara langsung menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, pengalaman usaha, luas lahan, jumlah produksi, harga, dan harga penjualan. Data di analisis secara kuantitatif deskriptif. Analisis yang digunakan adalah TR = P.Q di mana TR = Total Revenue/Total Penerimaan, P = Price/Harga, Q = Quantity/Jumlah Produksi, dan π = TR - TC di mana π = Profit/Keuntungan, TR = Total Revenue/Total Penerimaan, TC = Totak Cost/Total Biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha budidaya udang vaname memiliki penerimaan rata-rata sebesar Rp90,122,800/tahun. Data ini menunjukkan usaha budidaya udang vaname yang dijalankan memperoleh keuntungan rata-rata sebesar Rp73,948,309/tahun.Kata Kunci: Budidaya, Nilai Biaya, Udang Vanam

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga ...