Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Vol 5, No 4 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN

ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI USAHA IKAN NILA ORGANIK BERBASIS TEKNOLOGI AQUAPONIK (STUDI KASUS PADA KOLAM FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS HALU OLEO)

Gunawan, Dedi (Unknown)
Nadia, La Ode Abdul Rajab (Unknown)
Rosmawati, - (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

ABSTRAKPenelitian dilakukan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo Kendari pada bulan Juni sampai Oktober 2019. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan usaha budidaya ikan nila organik berbasis teknologi aquaponik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jumlah responden 1 orang. Data diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan studi literature. Data yang dikumpulkan meliputi total biaya yang dikeluarkan, jumlah produksi dalam dua siklus, harga jual. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Analisis Biaya dihitung dengan rumus TC = (TFC + TVC), Penerimaan dihitung dengan rumus TR = P.Q sedangkan Keuntungan dihitung dengan rumus π = TR – TC. RC rasio dihitung dengan   rumus (RC) = TR/TC. Total biaya pada usaha budidaya aquaponik adalah sebesar Rp27.267.789 . Sedangkan total penerimaan dari usaha budidaya aquaponik sebesar Rp38.590.000/siklus. Keuntungan pembudidaya aquaponik sebesar Rp11.322.211 /siklus. Berdasarkan analisis R/C rasio diperoleh 1.41 sehingga usaha budidaya ikan nila berbasis teknologi aquaponik di Kolam Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo Kendari layak untuk dilanjutkan.Kata Kunci : Kelayakan Usaha, Budidaya Aquaponik, Ikan Nila

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga ...