Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 29, No 2 (2020)

PENERAPAN METODE COPY THE MASTER DENGAN STRATEGI 3M UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DESAIN MEBEL (STUDI KASUS: MATA KULIAH MEBEL KITCHEN SET PADA PRODI DESAIN INTERIOR UNIVERSITAS TELKOM)

Sarihati, Titihan (Unknown)
Hadiansyah, Mahendra Nur (Unknown)
Zagita, Chavia Dhea (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Penggunaan media untuk ditiru dan dijelaskan kepada mahasiswa akan mempermudah proses mengajar dosen sehingga dibutuhkan sebuah penelitian tindakan kelas dengan penerapan pengembangan metode pengajaran yang berbeda guna mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Copy the Master terhadap mahasiswa, menganalisis peningkatan hasil belajar dalam mewujudkan desain kitchen set dengan target lulus 100% minimal indeks BC, dan mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode. Pada penelitian ini, diterapkan metode Copy the Master menggunakan strategi 3M dengan subjek penelitian mahasiswa Desain Mebel IV. Sebanyak 41 mahasiswa menjadi sampel observasi dengan tim dosen pengajar sebagai observator dan penilai rubrikasi. Penelitian didesain mengikuti siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan pengumpulan data melalui pengamatan langsung yang keabsahannya dilakukan dengan metode sinkronisasi data. Teknis analisis data diterapkan melalui tinjauan perbandingan skor pada tahap tes dan rubrikasi hasil observasi yang dideskripsikan secara kualitatif berdasarkan tinjauan catatan selama observasi dari tindakan. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa metode Copy the Master efektif meningkatkan kemampuan mahasiswa mata kuliah Desain Mebel IV dalam mewujudkan desain kitchen set. Penelitian ini diharapkan menghasilkan kontribusi bagi proses belajar mengajar khususnya pada program studi desain interior.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) is the leading journal in Social Studies institutions concerning Social studies and education. The journal is multi-disciplinary, welcoming contributions that advance our understanding of education, science ,and technology as social activities. The journal ...