Konsep “Merdeka Belajar” yang didengungkan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi bahan acuan diskusi sekaligus menganalisis secara kritis mau dibawa kemana pendidikan Nasional kita. persoalan yang munculpun diketengahkan pada pembahasan 1) Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN); 2) Ujian Nasional (UN); 3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaan (RPP), dan 4) Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) zonasi. Dari empat persoalan jika dielaborasi melalui pendekatan humanisme pendidikan, ada tiga persolan yang secara diseriusi dari praktik pendidikan Nasional. Pertama, tujuan pendidikan. Kedua, peserta didik, dan ketiga pendidik. Dari komponen rekomendasi Kemendikbud, secara prinsipil humanistik sejalan seirama dalam mendesain pendidikan.Kata Kunci: Diskursus, Merdeka Belajar, Humanis
Copyrights © 2020