Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019

Penerapan Pembelajaran Collaborative Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Insan Qur’ani Tahun 2017/2018

Risa Khairiyah (Universitas syiah Kuala)
M Hasbi (Universitas Syiah Kuala)
Bintang Zaura (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Trigonometri merupakan salah satu materi yang menjadi keluhan siswa pada pembelajaran matematika kelas X keagamaan MA Insan Qur’ani. Sebagian siswa yang tergabung dalam kelas keagamaanmasih memiliki masalah dengan hasil belajarnya. Rendahnya hasil belajar siswa di kelas ini disebabkan karena memang rendahnya minat belajar mereka pada mata pelajaran matematika.Collaborative teaching menjadisalah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan hasil belajar siswa terutama pada materi ajar matematika. Strategi ini telah diterapkan sejak 2015 di MTs Insan qur’ani da terlihat hasil belajar yang mengalami ketuntasan. Berbeda halnya dengan MA Insan qur’ani yang masih menerapkan sistem konvensional dalam proses belajar mengajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan collaborative teaching di kelas X MA Insan Qur’ani Aceh Besar. Pendekatan penelitian yang digunakan pada panelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X terdiri dari dua kelas IPA dan dua kelas keagamaan yang jumlah seluruhnya 90 orang. Sampel diambil secara acak satu kelas keagamaan, diperoleh kelas X keagamaan putri untuk diterapkan collaborative teaching. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes. Data diolah dengan uji t satu pihak (pihak kanan) pada taraf signifikan  dengan derajat kebebasan dk=18. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Collaborative teaching pada materi Trigonometri dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada siswa di kelas X MA Insan Qur’ani. Kata Kunci:     collaborative teaching, hasil belajar, penerapan.

Copyrights © 2019