Matematika adalah ilmu yang wajib dipelajari pada setiap jenjang sekolah. Indikator keberhasilan mempelajari matematika ditetapkan pada standar kompetensi lulusan. Berdasarkan tingkat daya serap, hasil belajar siswa di beberapa sekolah belum mencapaai KKM, salah satunya MTsN 7 Aceh Besar pada materi himpunan yang menjadi indikator proses belajar-mengajar di sekolah tersebut belum maksimal. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair and share berbantuan geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari penerapan model kooperatif tipe TPS berbantuan geogebra terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII MTsN 7 Aceh Besar. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berjenis true experimental design yaitu pretest-posttest control gruup desaign. Populasi pada penelitian meliputi seluruh siswa kelas VII MTsN 7 Aceh Besar, kemudian sampel penelitian dipilih dua kelas dari populasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana, satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen dan yang lain dijadikan sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen kemudian diajarkan melalui penerapan model kooperatif tipe TPS berbantuan geogebra sedangkan kelas kontrol diajarkan melalui penerapan model kooperatif tipe TPS. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 5 soal berbentuk esai dari materi himpunan yang diberikan saat pre-test dan post-test. Untuk mengetahui perbedaan perlakuan kedua kelas digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS berbantuan geogebra lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe TPS pada materi himpunan di kelas VII MTsN 7 Aceh Besar. Kata Kunci: Kooperatif TPS, Geogebra, Hasil belajar.
Copyrights © 2019